default featured image
[bisnis dan usaha ]

Pengembangan Bisnis Industri Kalimantan Selatan

5 Rekomendasi Pantai di Kalimantan Selatan, Indah dan Asri

Pengembangan bisnis industri Kalimantan Selatan semakin meningkat terlebih lagi di masa sekarang ini yang penuh dengan perkembangan di segala aspek kehidupan hingga membuat bisnis industri juga harus turut berkembang. Kalimantan Selatan sendiri dikenal sebagai daerah yang sebenarnya memiliki potensi serta peluang besar untuk bisa berkembang dengan baik sehingga dunia industri bsia lebih maju.

Kemajuan dunia industri di segala bidang tepatnya di wilayah Kalimantan Selatan kini bisa dilihat secara lebih jelas misalnya melalui berbagai macam hasil dari industri tersebut yang penuh dengan kreativitas dan inovasi dalam hal pengembangannya. Untuk tahu secara lebih jelas mengenai berbagai pengembangan industri tersebut maka Anda bisa melihat penjelasan berikut seperti yang dilansir oleh berita ekonomi dan keuangan hari ini.

  1. Industri pertambangan

Hasil tambang di Kalimantan Selatan rupanya sudah tak perlu diragukan lagi banyaknya mulai dari batu bara hingga sekarang ini semakin bertambah banyak jenisnya. Kini ada banyak hasil tambang yang semakin dikembangkan mulai dari intan dan kromit lalu marmer hingga batu gamping dan pasir kuarsa serta masih ada banyak lagi.

Seluruh hasil pertambangan yang menjadi potensi wilayah ini banyak dieksplor hingga dijadikan sebagai komoditas yang dapat mengembangkan bisnis.

  1. Industri perkebunan

Tak hanya di bidang pertambangan saja yang dinilai berpotensi dan mampu berkembang dengan baik di wilayah Kalimantan Selatan. Rupanya industri perkebunan di Kalimantan Selatan juga menjadi salah satu potensi unggulan hingga jenis komoditas dari area perkebunan di wilayah ini semakin banyak dikembangkan oleh para petani.

Beberpaa jenis hasil perkembunan yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis antara lain seperti karet dan kopi serta kako dan cengkeh lalu masih ada banyak lagi hasil lainnya.

  1. Industri manufaktur mikro dan kecil

Pada dasarnya industri manufaktur yanga da di wilayah Kalimantan Selatan terbagi menjadi beberapa kategori mulai dari industri mikro hingga industri besar. Seluruh industri tersebut di beberapa tahun terakhir ini rupanya mengalami pertumbuhan hingga aktivitas bisnis hasil industri tersebut bisa berjalan lancar dan memberikan hasil terbaik.

Industri manufaktur yang berkembang ditunjukkan dengan adanya hasil pertumbuhan industri manufaktur mulai dari industri manufaktur kecil hingga besar.

  1. Industri pengolahan

Yang disebut industri pengolahan pada dasarnya yaitu kegiatan ekonomi yang mengubah suatu barang dasar hingga menjadi barang jadi. Kontribusi dari industri ini sendiri di Kalimantan Selatan bisa dibilang cukup tinggi sekalipun mungkin tidak setinggi sektor pertambangan.

Namun industri pengolahan ini dikembangkan agar dapat membuat hasil pertambangan dan perkebunan bernilai lebih sehingga menjadi barang komoditas dengan harga yang tinggi. Adanya industri pengolahan ini juga dapat mengurangi ketergantungan warga akan barang mentah sehingga terus produktif menghasilkan barang jadi.

  1. Industri pariwisata

Pegembangan industri di sektor pariwisata juga menjadi titik berat bagi wilayah Kalimantan Selatan yang memang berpotensi untuk ditingkatkan. Hingga akhirnya wilayah Kalimantan Selatan ini mendapatkan julukan Wonderful Kalsel The Legend of Borneo yang identik dengan kondisi kondusif hingga memancing para investor untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata di Kalimantan Selatan.

Keindahan alam di Kalimantan Selatan sangat mendukung adanya peningkatan di bidang industri pariwisata. Nantinya sektor pariwisata yang semakin berkembang kemudian mendorong munculnya banyak sektor lain yang berkaitan dengannya seperti sektor akomodasi dan transportasi serta lainnya.

Pengembangan bisnis industri Kalimantan Selatan yang meliputi berbagai bidang di atas tentunya dapat menjadikan Kalimantan Selatan semakin maju.