onderdil mobil toyota
[Otomotif ]

Onderdil Mobil Toyota

Mengetahui Ciri Onderdil Mobil Toyota yang Asli dan Imitasi

Penjualan kendaraan yang tinggi di Indonesia juga mengakibatkan penjualan sparepart mengalami nasib yang sama. Anda bisa menemukan berbagai suku cadang dari jenis mobil yang bervariasi, dari toyota, Nissan, Honda dan lain sebagainya. Jika Anda menggunakan mobil toyota dan hendak berganti komponen, berikut adalah ciri onderdil mobil toyota yang asli.

 

Ciri Onderdil Mobil Toyota Asli

  • Kode dan Nomor Seri

Ciri pertama yang bisa Anda temukan di produk original TOYOTA adalah tersedianya kode dan nomor seri. Produk yang dijual oleh bengkel resmi pasti memiliki serial kode yang menjadi tanda keaslian suatu produk. Nomor seri yang tercantum dalam suatu komponen atau suku cadang akan sesuai dengan katalog resmi yang dimiliki oleh sparepart tersebut.

 

Apabila Anda tidak menemukan nomor kode seri pada suatu suku cadang atau komponen otomotif, ada baiknya Anda mempertimbangkan ulang jika hendak membeli atau memasangnya. Sebab kemungkinan barang tersebut merupakan barang imitasi.

 

Meski demikian, tidak semua onderdil mobil toyota imitasi tidak memiliki nomor seri. Saat ini sudah banyak produk imitasi yang menggunakan nomor seri imitasi. Jika ini terjadi, maka Anda harus jeli membedakan mana yang asli dan imitasi. Dengan membeli di bengkel yang resmi, besar kemungkinan produk yang Anda beli merupakan produk asli.

 

  • Kondisi Kemasan

Kemasan juga merupakan aspek yang penting dalam pemilihan sparepart mobil. Kondisi kemasan yang baik menjadi ciri bahwa suku cadang tersebut memang onderdil original. Kardus yang umumnya digunakan untuk membungkus sparepart asli dibuat sebaik mungkin, kardus ini tidak hanya tebal dan halus, namun juga menggunakan stiker hologram.

 

Stiker hologram ini juga mungkin digunakan oleh suku cadang imitasi, namun jangan khawatir, Anda bisa mengakalinya dengan melihat secara seksama stiker hologram tersebut. Apabila bentuknya jelas, tidak mudah terlepas dan terdapat logo produsen di dalamnya, maka stiker tersebut adalah stiker hologram yang asli.

 

  • Kondisi Fisik

Selain kondisi kemasan onderdil mobil toyota yang baik, kondisi fisik sparepart tersebut juga perlu diperhatikan dengan baik. Lihat kondisi fisik secara menyeluruh guna menghindari hal yang tidak diinginkan, yakni mendapatkan suku cadang imitasi.  Pengerjaan sparepart imitasi biasanya terlihat serampangan dan tidak rapi.

 

Anda juga bisa mengecek kondisi fisik sparepart tersebut dengan melihat spek yang dimiliki. Bandingkan spek yang ada di kardus ataupun onderdil tersebut dengan yang ada di website resmi produsen membuatnya. Jika sama, maka suku cadang tersebut merupakan onderdil yang asli.

 

Apabila terjadi perbedaan, maka besar kemungkinan onderdil tersebut merupakan sparepart toyota yang imitasi. Barang imitasi biasanya hanya akan menggunakan bahan yang mirip atau menyerupai, tidak sama persis dengan onderdil mobil toyota yang asli.

 

  • Garansi

Jika Anda melakukan pembelian pada suku cadang mobil yang asli, baik untuk mobil jenis toyota atau jenis yang lain, Anda akan mendapatkan garansi pembelian. Jika Anda melakukan pembelian pada sparepart yang asli, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan waktu garansi yang panjang.

 

Berbeda jika Anda membeli komponen imitasi atau KW yang disediakan oleh bengkel, garansi yang diberikan bukan dari pihak produsen, melainkan dari bengkel itu sendiri. Garansi ini disebut dengan garansi toko dan lebih sering memiliki umur yang pendek.

 

Demikianlah beberapa ciri yang akan Anda temukan pada onderdil mobil toyota yang asli. Semoga dengan informasi tersebut Anda lebih bijak dalam memilih suku cadang untuk memudahkan proses penggantian komponen mesin.

onderdil mobil toyota