Kandungan Gula Dalam Susu Formula Yang Aman Untuk Anak
[Kesehatan ]

Kandungan Gula Dalam Susu Formula Yang Aman Untuk Anak

ASI wajib diberikan kepada si kecil paling tidak 6 bulan pertama kelahiran, karena ASI merupakan sumber makanan terbaik bagi anak. Namun, terdapat beberapa kondisi dimana bunda tidak bisa memberikan ASI seperti penyakit atau dehidrasi berlebih. Susu formula menjadi salah satu alternatif yang biasa digunakan oleh bunda. Pada umumnya susu formula mengandung protein, karbohidrat, mineral, lemak, dan berbagai vitamin. Namun, dalam susu formula juga terdapat gula yang membuat sebagian orang beranggapan bahwa hal ini akan memberikan dampak buruk bagi anak.Maka dari itu penting bagi bunda untuk mengetahui kandungan gula apa yang terkandung dalam susu si kecil. Terdapat beberapa jenis gula yang biasa ditemukan dalam susu formula, biasanya dalam bentuk sukrosa dalam susu formula, glukosa, galaktosa, laktosa.

Laktosa

Laktosa atau biasa disebut gula susu ini banyak terkandung dalam susu dan produk olahan susu, yaitu karbohidrat sederhana yang terdiri dari galaktosa dan glukosa. Laktosa mempunyai beberapa manfaat seperti peningkatan imun sikecil, peningkatan penyerapan kelarutan kalsium dakam susu formula,  saat dikonsumsi tidak memberikan efek neurologis, dan tidak menimbulkan gangguan pencernaan pada si kecil yang mengkonsumsi laktosa.

Sukrosa

Ini adalah jenis gula tambahan yang biasa dikenal dengan sebutan gula pasir, karena termasuk gula tambahan maka rasa yang dihasilkan lebih manis dibandingkan jenis gula yang lain. Secara alami, gula meja ini  terdapat pada buah dan sayuran yang bisa ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Menurut penelitian, konsumsi sukrosa dalam susu formula berlebih pada anak dapat menimbulkan beberapa dampak buruk sehingga anak usia dibawah 2 tahun disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tambahan ini.

Glukosa

Glukosa dapat ditemui dari berbagai makanan yang kita konsumsi sehari-hari untuk diolah dan diserap oleh tubuh menjadi energi karena glukosa adalah karbohidrat sederhana. Glukosa ini sering dikenal dengan gula darah dan biasa ditemui pada makanan sehari hari seperti nasi, kentang, gandum, dan sebagainya.

Galaktosa

Galaktosa juga merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh karena galaktosa berasal dari laktosa yang bisa didapat dari makanan yang berasal dari olahan susu seperti yogurt dan keju.

Itulah sedikit penjelasan mengenai kandungan susu yang dapat dikonsumsi dalam susu formula, sebaiknya bunda memilih produk susu yang 0 sukrosa dalam susu formula untuk menghindari dampak buruk karena konsumsi yang belum saatnya. Biasanya asupan gula tambahan berlebih dapat menimbulkan permasalahan tinggi badan, berat badan, dan body mass index pada anak. Produk susu dengan kandungan 0 gula tambahan dapat bunda temui salah satunya dalam produk susu formula lactogrow yang mengandung tidak mengandung gula tambahan. Bunda juga dapat mengunjungi website resmi grow happy untuk mengetahui berbagai informasi bermanfaat mengenai tumbuh kembang anak.