Catat Tips Merawat Mesin Turbo Toyota Raize Agar Tetap Awet
[Otomotif ]

Catat! Tips Merawat Mesin Turbo Toyota Raize Agar Tetap Awet

Kehadiran SUV kompak Toyota Raize di pasar otomotif Indonesia praktis membawa angin segar, terlebih bagi para pecinta mesin modern. Meskipun memboyong mesin kecil dengan kapasitas 1.000 cc, namun Toyota menyematkan teknologi turbo yang membuat performa kendaraan semakin optimal. Sehingga tak heran promo Raize selalu diburu karena kendaraan ini semakin laris di pasaran.

Di Indonesia, Raize hadir dalam dua varian yakni 1.2L dan 1.0L Turbo. Sehingga perawatan mesin jenis turbo cenderung berbeda dengan mesin mobil biasa pada umumnya. Meskipun begitu, perawatannya tidak sesulit yang dibayangkan. Agar keawetan mesin tetap terjaga, simak cara merawatnya di bawah ini!

  1. Perhatikan Buku Manual

Ketika membeli kendaraan, produsen tentu memberikan buku manual berisi panduan perawatan maupun informasi penting lainnya. Dalam buku panduan tersebut, Anda dapat menggali informasi mulai dari garansi, instruksi instalasi, keselamatan kendaraan, identifikasi masalah, hingga instruksi perawatan kendaraan. Sebagai langkah awal, Anda dapat mempelajari bagaimana cara merawat turbo dengan benar melalui buku manual.

  1. Pemilihan Oli yang Tepat

Pemilihan oli juga menjadi hal krusial yang patut diperhatikan, mengingat kinerja mesin turbo cenderung lebih berat karena dapat berputar hingga 25.000 sampai 30.000 rpm.

Sehingga Anda sebagai pemilik wajib memberikan oli TMO yang disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan, serta rutin melakukan penggantian sesuai waktu yang telah ditentukan.

  1. Pemilihan Angka Oktan yang Sesuai

Mesin turbo rupanya membutuhkan bahan bakar bernilai oktan tinggi, karena rasio kompresi ketika pembakaran pun cenderung sangat tinggi. Sehingga penggunaan bahan bakar yang tidak tepat dapat berdampak pada pembakaran tidak sempurna, sehingga bisa membuat kendaraan kehilangan tenaga.

Bahkan jika hal ini terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama, bukan tak mungkin dapat berakibat pada kerusakan mesin. Pasalnya residu pada gas buang yang melekat pada turbin dapat merusak komponen dari turbo. Anda dapat memilih bahan bakar dengan angka oktan di atas 90, contohnya Pertamax yang memiliki angka oktan 92.

  1. Perhatikan Penggunaan Mesin Turbo

Perawatan selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana penggunaan turbo. Sebagai pemilik, Anda harus mempelajari bagaimana karakteristik mesin serta cara pemakaian kendaraan yang benar dan sesuai. Salah satu caranya adalah dengan hindari menggeber mesin secara langsung ketika suhu mesin masih dalam kondisi di bawah normal.

Sehingga ada baiknya untuk memastikan mesin telah mencapai suhu normal dengan mengendarai kendaraan secara perlahan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga dapat ‘memanasi’ kendaraan selama 5 menit sebelum dikendarai. Namun sebelum mematikan mesin, tunggu beberapa saat hingga RPM turbin menurun.

  1. Rutin Ganti Filter Udara

Karena kualitas oli memengaruhi keawetan turbo, maka tak lupa untuk selalu mengganti filter secara rutin sesuai dengan instruksi pada buku manual kendaraan.

Pasalnya udara yang masuk ke turbo tak hanya berasal dari dalam mesin saja, namun juga dari luar. Sehingga filter harus selalu dibersihkan agar turbo tidak menghisap udara kotor dan menyebabkan penumpukan kotoran.

  1. Lakukan Servis Berkala

Hal yang tak kalah penting dan tak boleh luput dari perhatian adalah melakukan servis berkala kendaraan. Bawa Toyota Raize Anda untuk mendapatkan perawatan rutin di bengkel resmi, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Pasalnya dengan rutin melakukan servis berkala, dapat menjaga kondisi mobil agar tetap baik serta membantu menjaga umur kendaraan agar bertahan lebih lama. Berkendara pun menjadi lebih aman dan nyaman, karena performa kendaraan lebih optimal.

Berburu Promo Raize Terbaru

Tertarik untuk memiliki Toyota Raize? Manfaatkan promo menarik Astrido Toyota mulai dari EZ Deal hingga promo booking test drive.

Dengan promo EZ Deal, kini Anda dapat memiliki Toyota Raize dengan cicilan super ringan mulai dari 2,7 juta saja per bulan. Selain cicilan ringan, besarannya bisa disesuaikan dengan perkembangan karier Anda. Anda juga dapat melakukan trade-in atau upgrade kendaraan lama dengan mudah.

Tak hanya itu, Anda juga dapat merasakan serunya berkendara compact SUV bermesin turbo dengan melakukan booking test drive. Hubungi Astrido Toyota sekarang untuk mendapatkan jadwal test drive Toyota Raize.

Itulah tips merawat mesin turbo Toyota Raize agar tetap awet dan performa tetap terjaga. Berburu promo Raize Jakarta dan sekitarnya? Hubungi Astrido Toyota sekarang.