default featured image
[Uncategorized ]

Cara Membuat NFT dan Tips Menjualnya untuk Para Pemula

Cara Membuat NFT Mudah Seperti Ghozali di HP Android

Non Fungible Token atau lebih dikenal dengan NFT adalah aset digital yang merupakan “anak” dari cryptocurrency. Sebenarnya platform ini sudah ada sejak tahun 2014, namun sejauh ini baru meledak pada tahun 2021.

Secara umum, NFT merupakan karya seni digital yang dapat berupa gambar, video klip, musik, tulisan digital, dll. Tidak seperti cryptocurrency, setiap pesanan NFT unik dan berbeda dari yang lain, sehingga dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan barang.

 

Cara Membuat NFT

  1. Pilih karya yang ingin Anda jual

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi karya atau file yang ingin Anda konversi ke NFT. File ini bisa berupa lukisan, gambar, musik, video, meme, GIF atau bahkan tweet twitter.

Setiap NFT unik dengan pemiliknya, inilah yang membuat NFT berharga. Pastikan Anda memiliki hak intelektual atas karya yang Anda pilih, karena jika tidak, Anda mungkin terkena pelanggaran tertentu.

 

  1. Pilih Blockchain yang Diinginkan

Setelah Anda memilih karya unik Anda, saatnya untuk mencetaknya di NFT. Untuk mengonversi file ke NFT, Anda harus memilih blockchain yang ingin Anda gunakan untuk NFT Anda.

Salah satu blockchain paling terkenal di antara seniman dan pencipta NFT adalah Ethereum.

 

  1. Menyiapkan dompet digital

Anda perlu menyiapkan dompet digital untuk menyiapkan NFT karena Anda perlu memegang beberapa mata uang kripto untuk mendanai investasi awal Anda. Dompet digital paling terkenal dari NFT adalah Metamask, Math Wallet, AlphaWallet, Trust Wallet, dan Coinbase Wallet.

Setelah Anda memiliki dompet digital, Anda perlu membeli mata uang kripto. Sebagian besar platform NFT menerima Ethereum atau ETH.

 

  1. Identifikasi Pasar NFT

Untuk membuat NFT, Anda juga harus memilih pasar NFT di mana Anda ingin memperdagangkan karya Anda. Beberapa platform NFT yang terkenal adalah OpenSea, Rarible, Foundation, Mintable, Axie Marketplace, NBA Top Shot, Larva Labs dan lain-lain.

Sebelum Anda memutuskan, Anda harus terlebih dahulu melakukan riset untuk menentukan mana yang terbaik untuk pekerjaan NFT Anda.

 

  1. Unggah file

Setelah memilih pasar NFT yang Anda inginkan, Anda perlu menghubungkan dompet digital Anda untuk membayar biaya yang diperlukan untuk mencetak NFT dan melakukan penjualan. Sekarang Anda seharusnya dapat mencetak NFT dan pasar pilihan Anda akan memberi Anda petunjuk tentang cara mengunggah file Anda ke platform.

Anda dapat mengonversi file Anda ke PNG, GIF, MP3 atau format lainnya.

 

Tips Menjual NFT

  1. Promosikan di Media Sosial

Anda bisa menggunakan media sosial seperti Twitter atau Instagram untuk mempromosikan NFT yang Anda jual. Anda dapat membagikan tautan melalui platform media sosial ini untuk mendapatkan lebih banyak daya tarik.

Bahkan, Anda juga dapat membagikan banyak gambar sekaligus dengan deskripsi khusus untuk setiap gambar melalui twitter.

 

  1. Gunakan hashtag

Di dunia media sosial yang luas, postingan Anda bisa hilang. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan hashtag untuk memilih target pasar yang lebih spesifik.

Tagar dapat meningkatkan peluang Anda untuk dilihat oleh orang yang mencari NFT. Anda juga dapat menambahkan hashtag di deskripsi profil Anda.

 

  1. Bekerja Bersama

Di dunia NFT, kolaborasi selalu lebih baik daripada bekerja sendiri. Oleh karena itu, kolaborasi dengan orang lain sangat populer.

 

  1. Menampilkan proses pembuatan

Salah satu jenis konten yang menarik perhatian banyak orang adalah di balik layar. Anda dapat mempromosikan karya Anda dengan membagikan proses pembuatan NFT Anda.