8 Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam yang Bisa Anda Lakukan
[Umum ]

8 Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam yang Bisa Anda Lakukan

Lingkungan yang bersih, bebas polusi baik udara dan air, tentu menjadi dambaan Anda. Lingkungan bersih menciptakan suasana tempat tinggal nyaman, sehingga kesehatan Anda juga selalu terjaga. Inilah cara menjaga kelestarian lingkungan alam demi mewujudkan kualitas hidup lebih baik.

1. Buang Sampah pada Tempatnya

Dengan membuang sampah pada tempatnya, maka lingkungan menjadi bersih dan terlindung dari berbagai serangan penyakit. Oleh sebab itu, jangan membuang sampah di sungai dan selokan yang akan membuat aliran air tersumbat. Bahkan, akan menyebabkan banjir.

2. Menghindari Tebang Liar

Selalu hindari penebangan liar yang bisa mengakibatkan penggundulan hutan. Sebab, hal ini mampu mengakibatkan bencana tanah longsor dan lainnya. Oleh karena itu, cara untuk menghindari bencana ini yaitu dengan sistem tebang pilih dan reboisasi. Sehingga, hutan pun akan selalu terjaga dan tercipta lingkungan yang asri.

3. Rajin Membersihkan Lingkungan

Dengan membersihkan lingkungan setiap hari, Anda akan mendapatkan dampak positif berupa terhindar dari serangan penyakit. Lingkungan sendiri terdiri beberapa aspek, yaitu lingkungan rumah, sekolah, dan alam. Seluruh aspek tadi sangat penting untuk dijaga. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama untuk membersihkan lingkungan dengan maksimal.

4. Jaga Kelestarian Tanaman di Lingkungan Sekitar

Anda bisa menjaga kelestarian tanaman dengan tidak merusak tanaman yang ada di sekitar lingkungan. Sebab, selain tidak mengganggu aktivitas, tanaman tadi juga bermanfaat. Dengan memelihara tanaman tadi, tindakan Anda termasuk menjaga kelestarian lingkungan alam. Tanaman tadi mampu menyerap karbondioksida dan menjadi sumber oksigen yang diperlukan dalam proses pernapasan.

5. Hindari Membuang Berbagai Bahan Kimia ke Sungai

Jika Anda membuang bahan kimia ke sungai, maka hanya merusak dan mencemari ekosistem yang ada di lingkungan tersebut. Bahkan, bahan kimia yang dibuang ke sungai akan menimbulkan bau tidak sedap yang mengganggu penciuman Anda.

6. Melakukan Penanaman Kembali pada Hutan Gundul

Kegiatan penanaman kembali hutan gundul dapat membuat sekaligus melestarikan alam dengan alami. Selain itu, tempat ekosistem menjadi lebih baik. Dengan adanya kegiatan ini, maka sumber daya alam juga mampu diperbaharui. Penanaman hutan kembali hutan gundul diantaranya diwujudkan dengan menanam hutan jati, hutan bakau, dan lain sebagainya.

7. Sistem Tebang Pilih

Lakukanlah sistem tebang pilih, sehingga, terhindar dari bencana berupa tanah longsor. Dengan sistem ini, maka mampu menghemat pohon yang ditebang. Bahkan, kini pihak pemerintah membuat peraturan dalam melakukan tebang pilih harus berizin.

8. Membuat Terasering di Wilayah Pegunungan

Dengan adanya sistem terasering atau sengkedan, maka mampu terhindar dari bencana tanah longsor. Selain itu, bagi Anda yang berprofesi sebagai petani di wilayah pegunungan mampu merasa aman karena sawah terhindar dari bahaya tanah longsor.

Demikian berbagai cara menjaga kelestarian lingkungan alam di sekitar Anda. Dengan melakukan kegiatan tersebut, maka lingkungan tempat tinggal juga menjadi asri dan aman dari bahaya bencana alam yang sering mengancam.