default featured image
[Informasi ]

5 Tips Persiapan Dana Sekolah hingga Kuliah Anak

Pendidikan merupakan aspek yang paling penting untuk mengembangkan potensi diri dan pengetahuan anak demi masa depan. Dan setiap orang tua ingin memberikan anak pendidikan yang terbaik, sehingga perlu persiapan dana sekolah untuk anak dimasa depan.

Persiapan dana sekolah sebaiknya mulai direncanakan dan direalisasikan sejak anak masih usia dini. Terutama di kala pandemi, orang tua perlu menyiapkan gadget agar tetap bisa bersekolah secara online. 

Karena pendidikan saat ini memakan biaya yang cukup banyak, jadi persiapan dana pendidikan sangatlah penting. Beruntung jika orang tua bisa memanfaatkan cicilan elektronik online dengan bijak. Kebutuhan Pendidikan dari jenjang dasar hingga jenjang perguruan tinggi, tidak akan lepas dari kebutuhan teknologi seperti tablet, laptop, hingga printer.

Bagi kamu yang sudah menjadi orang tua, berikut ini ada 5 tips persiapan dana sekolah hingga kuliah anak yang bisa kamu terapkan:

  •  Lakukan Riset dan Tentukan Pilihan Sekolah

Langkah pertama sebagai persiapan dana sekolah hingga kuliah anak adalah melakukan riset dan menentukan pilihan sekolah. Sebelum menentukan pilihan, sebagai orang tua kamu juga harus mengetahui potensi dan bakat anak.

Karena tiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi kamu harus diskusikan dengan pasangan dan anak mengenai bakat dan minat anak dalam pendidikan. Jika sudah mengetahui bakat dan minat anak, sebagai orang tua hendaknya bisa menentukan mana sekolah yang cocok dan terbaik untuk bakat anak. 

  • Hitung Perkiraan Biaya Sekolah

Setelah melakukan riset dan memilih beberapa pilihan sekolah, kamu juga bisa mencari tahu mengenai biaya di sekolah tersebut. Mulai dari memperhitungkan biaya sekolah dari TK, SD, SMP, hingga perkuliahan.

Memiliki perkiraan dana bisa memudahkan kamu menghitung berapa dana tabungan yang harus mulai kamu kumpulkan sejak anak usia belia. Sebaiknya kamu juga memilih sekolah untuk anak sesuai dengan kemampuan finansial. Pilih sekolah yang berkualitas dan cocok di kantong.

Karena dalam perjalanannya biaya Pendidikan sekolah ini akan bertambah, Seperti biaya ekstrakurikuler, biaya les, hingga biaya kebutuhan alat pembelajaran termasuk laptop dan printer. Apalagi di masa pandemic seperti ini, orang tua diharapkan menyiapkan sendiri kebutuhan tersebut demi kelancaran sekolah secara daring.

Meskipun ada cicilan elektronik online, persiapan dana sekolah tetap harus disiapkan sejak anak usia belia. Sehingga nantinya kebutuhan Pendidikan bisa terasa ringan. Memang ada fintech yang menyediakan cicilan nol persen seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. 

Kredivo memiliki fitur cicilan 3 bulan dengan bunga nol persen. Cukup hanya bayar biaya admin saja sebesar 3% dari total pinjaman. Syarat pendaftaran juga mudah, punya KTP, berusia antara 18-60 tahun serta punya penghasilan tetap bulanan minimal Rp3 juta. 

Terlebih salah satu keistimewaan Kredivo, kini sudah bisa transaksi lewat QRIS. Hingga saat ini sudah ada 9 juta merchant di Indonesia yang menerima transaksi digital lewat QRIS. Dengan begitu akan semakin memudahkan kamu untuk melakukan transaksi lewat Kredivo.

  • Siapkan Dana di Tabungan Konvensional

Jika sudah mengetahui perkiraan dana yang perlu disiapkan untuk sekolah anak, saatnya kamu mulai menghitung dan mempersiapkan dana tabungan. Bahkan kamu bisa langsung membuat tabungan khusus untuk pendidikan agar tidak tercampur dengan tabungan lainnya.

Tabungan konvensional masih menjadi salah satu persiapan dana yang banyak dipilih hingga saat ini, Karena tabungan konvensional cukup aman dan mudah untuk dikontrol dan dicek.

Tapi perlu diingat juga tabungan konvensional ini juga memiliki biaya admin yang dipotong langsung dari tabungan. Tapi potongan ini juga sesuai karena uang yang ditabung di bank cukup aman dan memiliki bunga.

  • Siapkan Asuransi Pendidikan

Selain menabung di tabungan konvensional, kamu juga bisa mempersiapkan asuransi pendidikan. Jika kamu memiliki dana yang lebih, kamu bisa menabung sekaligus membuat asuransi pendidikan anak.

Asuransi pendidikan anak juga banyak dipilih dan digunakan oleh banyak orang tua saat ini. Bagusnya asuransi dari tabungan konvensional adalah kamu hanya bisa mengambil uang asuransi tersebut di jangka waktu yang telah ditentukan.

Oleh karena itu dana asuransi pendidikan ini lebih terjamin dan tidak akan membuat kamu goyah untuk menggunakan sedikit dana yang telah kamu persiapkan itu. Jangka waktu asuransi pendidikan ini bisa kamu sesuaikan dengan usia dan waktu sekolah anak nantinya.

  • Terus Memperhatikan Perkembangan Pendidikan

Seiring berjalannya waktu, semua bidang pasti akan terus berkembang diiringi dengan kemajuan teknologi, begitu juga dengan pendidikan. Setiap tahunnya biaya sekolah akan selalu meningkat dan tidak akan selalu sama.

Selain dari biaya sekolah, kebutuhan sekolah lainnya seperti gadget, laptop dan Wifi juga perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu selagi mempersiapkan dana pendidikan, kamu sebagai orang tua juga harus ikut memperhatikan perkembangan pendidikan yang ada.

Persiapan dana sekolah hingga kuliah anak sejak dini merupakan perencanaan yang tepat untuk saat ini. Jadi bagi kamu yang sedang berencana mempunyai keluarga dan anak, yuk mulai siapkan dana pendidikan sejak dini!