5 Langkah Keamanan Pangan yang Harus Ditaati Sebagai Jaminan Kesehatan Tubuh
[Umum ]

5 Langkah Keamanan Pangan yang Harus Ditaati Sebagai Jaminan Kesehatan Tubuh

Table of Contents

Keamanan pangan merupakan faktor penentu apakah makanan tersebut dapat dikonsumsi oleh masyarakat atau tidak. Sebabnya, tanpa adanya standar yang khusus, maka akan berpotensi mengganggu kesehatan mereka yang mengkonsumsinya.

Keamanan hasil produksi merupakan salah satu cara untuk menjaga agar makanan tetap aman,bersih, berkualitas serta  mentaati prinsip agama, keyakinan dan budaya masyarakat. Tindakan ini dimaksudkan untuk mencegah adanya proses cemaran biologis dan kimia yang pada akhirnya berpotensi membahayakan kesehatan manusia.

5 Langkah Keamanan Pangan

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa makanan yang tersaji tergolong aman.  Bebas dari berbagai penyebab dan cemaran yang dapat membuat mereka yang mengkonsumsinya menderita suatu gangguan.

Jagalah Kebersihan

Jagalah kebersihan lingkungan dari mulai mengenalnya sampai menyajikannya. Proses ini dimulai dari pemilihan bahan baku, alat-alat yang digunakan, sampai bagaimana cara mengkonsumsinya dengan tepat…

Pisahkan Bahan Baku mentah dari Sajian  Matang

Sebagian besar bahan baku mentah, terutama daging masih mengandung bakteri serta partikel yang berbahaya. Hal yang sama dapat terjadi pada sayuran. Jika tidak dicuci bersih, bisa jadi masih mengandung pestisida yang digunakan oleh petani pada saat proses tanamnya.

Jika antara kedua bahan tersebut tidak disajikan terpisah, maka memperbesar potensi tercemarnya makanan matang dengan semua partikel berbahaya pada bahan mentah.Tentu saja ini akan memperbesar kemungkinan terjadinya gangguan pada tubuh manusia.

Memasak  dengan Benar dan Sesuai dengan Ketentuan

Lakukanlah proses memasak sesuai dengan ketentuan agar sayuran dan daging benar-benar matang. Juga untuk memastikan semua bakteri yang mungkin menempel menjadi tidak aktif.

Jagalah Pangan Pada Suhu Aman

Pastikan bahan pangan berada pada suhu yang aman sehingga tidak mudah busuk, jika masih dalam keadaan mentah. Juga tidak mudah basi, jika sudah dalam keadaan matang. Perhatikan kebutuhan setiap jenis bahan baku tersebut.

Anda dapat langsung menyimpan daging-dagingan pada bagian ruang pembeku, jika tidak langsung diolah. Khusus sayur, simpanlah pada bagian unit laci yang digunakan untuk menyimpannya. Bersihkan terlebih dahulu dari tanah, atau pengotor lainnya.

Selalu habiskan sayuran matang yang telah dimasak. Jangan tunggu sampai besok, kecuali memang dari awal sudah direncanakan untuk itu. Sisihkan bagian yang akan dikonsumsi besok, jangan pernah dijadikan satu dengan sajian hari ini.

Gunakan Air dan Bahan Baku yang Aman

Penggunaan air dalam proses mengolah masakan tidak mungkin diabaikan. Mulai dari pencucian hingga pematangannya. Pastikanlah air yang Anda Gunakan memiliki kualitas yang baik. Dimulai dari tampilan fisiknya yaitu tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.

Keamanan pangan menjadi kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karenanya, selalu lakukan 5 langkah untuk memastikan agar makanan yang disajikan bebas dari cemaran biologis dan layak dikonsumsi.